komponen utama mesin diesel





        Selamat beraktifitas ya sist/gan,, ya kali ini saya mau sharing" dikit tentang bagian bagian dari mesin,,yang mana mesin merupakan suatu alat yang merubah energi potensial panas menjadi energi mekanik.  atau dengan kata lain merubah gerak translasi piston menjadi energi putar,  tapi sblum kita mengenal lebih jauh tentang mesin kita perlu mengetahui komponen"nya serta memahami fungsi dari komponen" tsb:


Bagian-bagian mesin diesel
Untuk lebih jelasnya tentang sebuah mesin diesel baca dengan teliti yaa jangan lupa:

1.  Rocker arm, adalah salah satu bagian.       penting dari komponen mesin diesel yang posisinya berada di atas cilinder head,       fungsi dari rocker arm ini adalah mengatur gerakan valve, kapan waktunya menutup dan kapan waktunya terbuka. Semuanya diatur oleh rocker arm ini.
2. Valve spring , ini juga salah salah satu komponen penting dari sebuah mesin diesel, ia bertugas sebagai penghubung antara rocker arm dengan valve.
3. Cilinder head, ini merupakan bagian kepala dari sebuah cilinder, makanya itulah ia disebuat sebagai cilinder head. pada cilinder head inilah tempat valve berada, baik itu valve hisap maupun juga valve buang.
4. Valve, mesin diesel tidak akan menyala jika tidak ada valve, fungsi dari valve ini adalah mengatur udara masuk dan keluar serta sebagai penutup lubang saat terjadi kompresi.
5. Cylinder , didalam ruang cylinder inilah sebuah udara yang dimampatkan hingga tercapai sebuah suhu udara sampai 500 derajat celsius. dan di dalam cylinder itu pula sebuah ledakan terjadi. dan ledakan tersebut berasal dari udara yang dimampatkan dan diberi bahan bakar yang berbentuk kabut , kedua bahan tersebut akan terbakar di dalam ruang cylinder tersebut.
6. Engine block , terbuat dari logam campuran yang tahan panas, ia sebagai dinding dari sebuah cylinder.
Piston , gerakannya naik turun dari TMA ke TMB atau sebaliknya. gerakan naik turun dari piston tersebut dihubungkan dengan connecting rod yang segera dirubah menjadi gerakan berputar oleh crankshaft.
7. Crankshaft ini fungsinya sebagai penghubung antara connecting rod yang satu dengan lainnya. selain itu cranksaft juga yang mengubah gerakan naik turun piston diubah menjadi gerakan berputar dan gerakan putar ini dihubungkan ke gearbox.
8. Charkshaft timing gear , camshaft timing gear , camshaft , cam , cam follower serta pushroad , semuannya adalah satu kesatuan dari komponen mesin diesel yang berfungsi untuk mengontrol gerakan rocker arm dalam bertugas mengatur gerakan valve.










Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

defenisi mesin induk